Selasa, 27 Oktober 2009

PROSEDUR PENGOLAHAN NASKAH SEJAK NASKAH MASUK HINGGA MENJADI BUKU PENERBIT ADICITA GRUP YOGYAKARTA

1. Naskah diterima dan diberi NOMOR REGISTRASI, apakah termasuk naskah fiksi atau nonfiksi untuk tingkat SD, SLTP, SMU, atau naskah umum. Kemudian diperiksa kelengkapan naskah (sinopsis, foto atau gambar pendukung, biodata, dan lain-lain).

2. Naskah dinilai dengan cepat untuk ditentukan LAYAK atau TIDAK-nya diterbitkan berkaitan dengan prioritas penerbit dan pangsa pasarnya. Penilaian ini diputuskan pada saat SIDANG REDAKSI yang dihadiri oleh seluruh editor. Masing-masing EDITOR mengemukakan pendapatnya mengapa sebuah naskah LAYAK atau TIDAK untuk diterbitkan. Penilaian ini memerlukan waktu lebih kurang tiga bulan. Dalam penilaian sudah ada format dan gari-garis besar kelayakan naskah.

3. Bila sebuah naskah sudah DIPUTUSKAN TERBIT, akan segera dibuatkan SURAT PEMBERITAHUAN TERBIT, SURAT PERJANJIAN PENERBITAN (SPP), dan permintaan ke PENULIS untuk MELENGKAPI NASKAHNYA (sinopsis, file, gambar, biodata, dan lain-lain).

4. Setelah urusan ADMINISTRATIF NASKAH selesai, ditentukan FORMAT BUKU beserta EDITOR, LAYOUTER, ILUSTRATOR, dan DESAINER-nya.

5. Naskah mulai di-EDIT 1 (E-1) oleh EDITOR yang telah ditentukan, yaitu edit total berkaitan dengan bahasa, alur, kebenaran fakta, dan lain-lain. E-1 ini memerlukan waktu lebih kurang 3—7 hari, tergantung tingkat kesulitan dan keterbacaan naskah. Pada saat E-1 berlangsung, ILUSTRATOR sudah mulai membuat ILUSTRASI buku dan DESAINER-nya mulai membuat DESAIN COVER. Masing-masing ILUSTRATOR dan DESAINER memerlukan waktu yang berbeda-beda dalam menyelesaikan pekerjaannya, bergantung banyaknya dan tingkat mudah atau sulitnya konsep dasar.

6. Setelah E-1, naskah masuk ke LAYOUTER untuk di-LAYOUT 1 (LO-1), yaitu membuat format buku dan memasukkan E-1. LO-1 memerlukan waktu 3—7 hari.

7. Setelah LO-1, naskah kembali ke EDITOR untuk di-EDIT 2 (E-2), yaitu mengoreksi apakah E-1 sudah dimasukkan oleh LAYOUTER dan memperhalus bahasanya yang memerlukan waktu 2—4 hari.

8. Setelah E-2, naskah kembali ke LAYOUTER untuk di-LAYOUT 2 (LO-2) untuk memasukkan E-2, ilustrasi dan kelengkapan lainnya (tabel, foto, dan lain-lain). LO-2 memerlukan waktu 2—4 hari.

9. Setelah LO-2, naskah di-ROLLING (RO), yaitu DIBACA dan DIKOREKSI oleh EDITOR LAIN TANPA MENGUBAH STYLE dari EDITOR YANG BERSANGKUTAN. Hal ini memerlukan waktu 1—3 hari.

10. Setelah naskah di-RO, DIKEMBALIKAN ke EDITOR YANG BERSANGKUTAN untuk di-EDIT-3 dan DIPERIKSA perubahan-perubahan yang mungkin diberikan oleh EDITOR LAIN pada saat RO, PERSETUJUAN AKHIR apakah perubahan-perubahan dari editor lain tersebut dimasukkan atau tidak berada di tangan EDITOR YANG BERSANGKUTAN.

11. Setelah RO dan E-3, naskah dikembalikan ke LAYOUTER untuk di-LAYOUT 3 (LO-3), DIKATEREN, dibuat DUMMY (contoh buku siap cetak) yang akan dikirimkan ke PENULIS untuk dimintakan PERSETUJUAN CETAK apakah PENULIS merasa ada HAL-HAL YANG KURANG SESUAI dan PERLU DIUBAH. PERUBAHAN harus dilakukan PENULIS SECEPAT MUNGKIN. Bila TANDA PERSETUJUAN CETAK sudah DITANDATANGANI oleh PENULIS, naskah akan segera dibuatkan PLATE, KALKIR, atau SEPARASI FILM untuk DICETAK. Pada saat itu COVER telah siap untuk di-SEPARASI FILM dan DICETAK. Lama waktu PENCETAKAN ini bergantung banyaknya jumlah halaman buku dan jumlah eksemplar.

12. Bila ISI BUKU dan COVER sudah selesai dicetak, selanjutnya akan DISUSUN dan DIJILID hingga menjadi BUKU cantik yang siap dipasarkan. Lama waktu PENYUSUNAN dan PENJILIDAN ini bergantung banyaknya jumlah halaman buku dan jumlah eksemplar.

13. Penulis akan segera dikirimi contoh buku yang telah terbit guna turut mempromosikan buku hasil karyanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar